February 11, 2019

WikiLatih Pertamaku

Assalamu’alaikum. Kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku ikut WikiLatih. WikiLatih itu semacam pelatihan mengedit wikipedia. Jadi waktu itu Kahar (Bg Hardi, organizer TEDxBA) nge-share WikiLatihnya di grup TEDxBatangArau. Penasaran sih awalnya, tapi takut gak ada temen pas disana. Ujung-ujungnya aku daftar juga sih hehe.

WikiLatihnya bertempat di Up Coworking Space di Ulak Karang. Sempat bingung sih nyari tempatnya, untung ada google maps haha. Pas nyampe di ruangannya, ternyata aku peserta pertama yg datang haha, maklumlah aku sukanya on time gitu eaaak. Selain aku ada panitianya yg udah dateng yaitu Denas, bg Adhmi dan kak Riska. Kesan pertama ku lihat si Denas itu rasa-rasa pernah ketemu. Dan benar aja, Denas dulu pernah ikut BBMK Genta Andalas dan kebetulan aku kakak mentornya wkwk. 

Pelatihan pun dimulai dengan Denas menjadi pelatihnya. Awalnya kami disuruh bikin akun pengguna Wikipedia dan berlanjut mengisi halaman pengguna masing-masing. Setelah itu belajar membuat artikel, menerjemahkan ke bahasa Minangkabau juga, dan mem-publishnya. Semuanya begitu baru buat ku, tapi sangat menarik untuk dilanjutkan. O iya waktu itu peserta yang hadir mayoritas dari Forum Lingkar Pena, cuma aku sendiri dari TEDxBA. Dan ku kira Kahar bakal datang eh ternyata tidak, soalnya beliau mengajar saat itu.


Tidak terasa sesi pelatihan berakhir pada pukul 2 siang.  Setelah foto bersama, kami sudah diperbolehkan pulang. Menyenangkan memang, tapi menurutku agak menggantung gitu, soalnya masih penasaran sama materi selanjutnya. O iya  terima kasih banyak kepada tim Wikimedia Padang yang udah mengadakan acara ini, sungguh sangat berfaedah dan bikin penasaran. Semoga ada lanjutan WikiLatih 2 nya hehe. 

WikiLatih 1.0
Foto Bersama Pelatih dan Peserta WikiLatih

No comments:

Post a Comment